Kamis, 14 April 2011

CARA MELAKUKAN PEMBERSIHAN WAJAH YANG BENAR

Kapan kita harus membersihkan muka ?

Kulit muka kita harus sering dibersihkan namun juga tidak boleh terlalu sering, jadi harus sesuai dengan kebutuhan. Tidak masalah kapan kita harus membersihkan muka walaupun biasanya kita lebih nyaman untuk membersihkan muka di pagi hari dan di malam hari. Walaupun kita tidur dengan menggunakan make-up pun tidak akan memberikan akibat yang buruk pada kulit kita kecuali akan mengotori sprei tempat tidur kita dan lebih mudah untuk membersihkan muka kita dibanding sprei kita yang kotor. Di pagi hari kita biasanya membersihkan muka agar tampak lebih segar sebelum beraktivitas dan dengan kulit muka yang bersih akan membuat hasil make-up menjadi lebih baik.

Seberapa seringkah kita harus membersihkan muka ?

Membersihkan muka 2 – 3 kali sehari sudah cukup untuk kulit normal. Bila kita memiliki kulit yang berminyak kita bisa membersihkan muka 3-4 kali sehari. Namun tidak dianjurkan untuk membersihkan muka terlalu sering sebab kebanyakan pembersih mempunyai pH basa karena mempunyai kemampuan membersihkan yang lebih kuat namun justru dapat menghilangkan pelindung pada lapisan kulit.

Bila kita banyak terkena kotoran dan debu kita dapat membersihkan muka lebih sering pada hari itu.

Bila kita memiliki jenis kulit yang kering ada baiknya kita tidak terlalu sering membersihkan muka apalagi jika kita menggunakan air panas. Pembersih yang digunakan sebaiknya yang berbahan dasar minyak dan tidak menggunakan sabun yang dapat memberikan efek pengeringan pada kulit kita.

Untuk membersihkan make-up di malam hari, muka harus dibersihkan sampai benar-benar bersih seluruh wajah. Lain halnya pada pagi hari, tidak perlu terlalu rumit.

Apa yang harus digunakan untuk pembersihan ?

Kita dapat menggunakan pembersih bentuk sabun yang banyak tersedia di pasaran dengan berbagai pilihan. Jika menggunakan sabun, kulit harus dibersihkan secara menyeluruh karena bila masih ada sisa sabun yang menempel akan justru menarik kotoran dan dapat mengiritasi kulit. Selain itu sisa sabun juga dapat bergabung dengan kalsium dan magnesium pada air yang akan membuat sabun sangat susah untuk dibersihkan.

Salah satu kekurangan sabun yaitu dapat menyingkirkan minyak alami dari kulit kita yang akan memberikan efek kering pada kulit kita. Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan moisturizer sehabis setelah membersihkan muka.

Untuk kulit kering sebaiknya tidak memakai pembersih bentuk sabun atau biasa dikombinasi dengan produk pembersih yang sesuai. Untuk kulit normal tidak akan ada masalah untuk membersihkan 2-3 kali sehari dengan menggunakan sabun. Sedangkan untuk kulit berminyak pembersih bentuk sabun dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Ada beberapa macam sabun seperti sabun antiseptik, sabun dengan moistirizer, sabun berminyak, sabun cair, sabun transparant dan lainnya.

Pembersih dapat berbentuk krim pembersih, susu pembersih, lotion, gel, foam, cair dan lainnya. Semua jeni pembersih ini pada dasarnya sama hanya berbeda komposisi air dan minyak. Untuk kulit kering dapat digunakan pembersih yang kurang memberikan efek mengurangi minyak di kulit atau mungkin yang dapat menambah kadar minyak kulit kita. Untuk jenis kulit yang berminya dapat digunakan pembersih yang dapat menghapuskan minyak berlebih serta tidak membuat kadar minyak di kulit kita bertambah. Untuk kulit kering biasanya digunakan pembersih bentuk krim atau susu atau mungkin juga lotion. Untuk kulit berminyak biasanya digunakan bentuk cair, foam atau lotion. Kapas yang dicelupkan ke dalam susu segar dapat menjadi alternatif untuk membersihkan kulit muka, selain murah namun cukup efektif terutama bila kita memiliki jenis kulit yang berminyak. Setelah itu sisa pembersih dibersihkan dengan sabun dan air kemudian gunakan penyegar.

Bagaimana cara menggunakan pembersih yang benar ?

Cara yang benar yaitu dengan usapan lembut. Jangan menarik atau menggosok kulit terlalu kencang. Dengan pembersih di tangan biarkan jari-jari tangan meluncur di atas kulit wajah disertai dengan gerakan tepukan ringan dangan menggunakan bantalan jari. Arah gerakan ke atas dan keluar dengan tujuan tidak mengurangi kekencangan otot dan tidak membuat kulit kita menjadi kendur. Biarkan pembersih di kulit selama satu sampai dua menit untuk melonggarkan kotoran dan make-up.Kemudian hapus lembut dengan gerakan keatas dan keluar dengan menggunakan kapas atau tissue. Bila masih belum bersih benar proses ini dapat diulang. Lalu terakhir bersihkan dengan air.

Pembersihan dengan peeling

Cara pembersihan yang lain adalah yang dinamakan epidermabrasi yaitu gasokan secara mekanik untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Zat yang biasanya digunakan berupa granula / butiran pasir atau sodium tetraborate decahydrate, bahan abrasif yang larut secara perlahan. Butiran-butiran ini dapat dimasukkan ke dalam pembersih menjadi peeling. Bahan lainnya dapat berupa amplas, selulosa, batu apung. Namun demikian tindakan ini harus dihindari pada kulit kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar