Selasa, 12 April 2011

MELASMA DAN BERBAGAI PILIHAN PERAWATANNYA

Melasma adalah masalah kulit yang umum. Hal ini menyebabkan bercak coklat sampai abu-abu-coklat di wajah. Kebanyakan orang mendapatkannya di pipi, hidung, dahi, dagu, dan di atas bibir atas mereka. Hal ini juga dapat muncul pada bagian lain dari tubuh yang mendapatkan banyak sinar matahari, seperti lengan dan leher.

Ini merupakan suatu kondisi universal yang dapat terlihat dalam etnisitas apapun, hal ini paling sering terlihat di Asia, Hispanik, Arab, dan Afrika karena tingkat yang lebih tinggi melanin dalam kulit mereka. Mereka yang memiliki jenis kulit yang normal mungkin tidak mengenali kondisi mereka karena kurang terlihat, mereka yang kulitnya memiliki kecenderungan untuk menjadi gelap akan melihat perubahan warna di pipi, hidung, dahi dan bibir serta lengan atas. Perubahan warna ini disebabkan oleh peningkatan produksi melanin dalam kulit, yang dapat karena keturunan individu, paparan sinar matahari, atau penggunaan kontrasepsi oral dan obat-obatan.

Salah satu perawatan yang paling umum untuk melasma adalah perlindungan matahari. Ini berarti memakai tabir surya setiap hari dan menerapkan kembali tabir surya setiap 2 jam. Tabir surya dengan SPF tinggi di atas 30 akan memberikan perlindungan yang lebih baik dan lama, namun demikian biasanya tidak dijual secara bebas di pasaran.
Wanita jauh lebih mungkin dibandingkan laki-laki untuk mendapatkan melasma. Hal ini sangat umum selama kehamilan bahwa beberapa orang menyebutnya topeng kehamilan. Tampaknya hormon untuk memicu melasma.

Pengobatan melasma telah maju secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai pilihan perawatan kulit seperti, skin lightening, chemical peeling, dan pengobatan laser sekarang tersedia tergantung pada keparahan kondisi mereka.

Produk Skin Lightening

Produk pencerah kulit merupakan pengobatan yang utama dan pertama kali yang sebaiknya harus dilakukan sebelum melakukan perawatan-perawatan yang lainnya.

Pengobatan flek-flek hitam memerlukan banyak waktu dan usaha. Oleh karena itu jangan menghentikan pengobatan terlalu dini, sebab krim / lotion ini memerlukan waktu untuk mencapai lapisan kulit yang paling dalam, dimana pada lapisan tersebut khasiatnya baru mulai bekerja. Diperlukan waktu 3 - 4 minggu sebelum efek pertama dari pengobatan menjadi nyata dan diperlukan sampai 10 minggu untuk penyembuhan.

Produk pencerah kulit yang utama dipakai oleh para dokter adalah hidroquinon untuk memberikan hasil yang nyata pada proses penyembuhan melasma tersebut. Namun demikian formulasi yang diberikan harus tepat agar tidak muncul efek memerah dan mengelupas pada kulit kita. Dengan formulasi yang tepat dan pemakaian yang benar dan teratur keberhasilan akan penyembuhan sangat tinggi tanpa diserta efek samping yang biasanya didapatkan dengan jenis perawatan lain seperti chemical peeling. Walaupun beberapa produk suplemen dijual pada toko kesehatan dan nutrisi, namun keefektifannya masih belum dapat dipastikan dan bervariasi berdasarkan jenis kulit dan tingkat keparahan pigmentasinya. Produk-produk di pasaran yang direkomendasikan oleh dokter maupun mereka yang mempunyai pengalaman dalam keberhasilannya dalam menyembuhkan pigmentasi mereka antara lain kojic acid dan alpha arbutin dan diyakini efektif hampir pada semua jenis kulit.

Chemical Peel


Perawatan melasma menggunakan chemical peeling umumnya akan menggunakan senyawa asam untuk menghapus peningkatan kadar melanin dalam kulit. Dalam jenis obat, sejumlah asam yang berbeda dapat digunakan termasuk: ekstrak trikloroasetat, azelat, glycolic, lactic dan ekstrak buah. Agen chemical peeling yang kuat, semakin tinggi tingkat keberhasilan untuk menghasilkan perbedaan nyata dalam warna. Meskipun mereka memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, mereka juga membawa risiko yang lebih berat termasuk jaringan parut, pengelupasan, atau perubahan warna yang justru semakin memburuk.

Laser

Perawatan melasma dengan laser merupakan pilihan terakhir bagi banyak orang yang telah mencoba perawatan dengan produk topical maupun chemical peeling. Laser untuk pengobatan melasma tersedia dalam berbagai pilihan seperti Fraxel Dual Laser Technology, Intense Pulsed Light, Q-switched laser. Pada beberapa orang dengan perawatan yang sering akan memberikan hasil yang cukup memuaskan, namun demikian aplikasi laser belum tentu menyembuhkan melasma tersebut

Sementara melasma dikenal suatu kondisi yang mempengaruhi warna kulit seseorang, itu juga dikaitkan dengan menyebabkan depresi berat dan kecemasan. Dengan pengobatan, penderita dapat mengalami dunia dengan kepercayaan diri baru yang sebelumnya tidak ada dalam hidup mereka.

Jika Anda menderita melasma, bekali diri anda dengan pengatahuan akan pilihan yang tersedia untuk pengobatan melasma dan mengambil langkah proaktif untuk menjalani kehidupan lebih bahagia dan sehat sepanjang tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar